spot_imgspot_img

Bupati Sula Presentasi UMKM di Madrid

 

 

Reporter: Nai Am 

SANANA,AM.com-Bupati  Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus beserta rombongan yang telah tiba di Kota Madrid pada tanggal, (31/10) kemarin, kini sudah mulai melakukan aktivitas. Di mana, Bupati mempresentasikan hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Spanyol.

“Dalam pertemuan tersebut, dihadiri Dr. Ir. Muhammad Najib , M.Sc (Kepala KBRI), Novita Sari (Atase Perdagangan), Satyo Bramono Brotodinigrat (Koor Protokol dan Konsuler), Bayu Hari Saktiawan (Koor Fungsi Ekonomi), John R. Purba (Pelaksana Fungsi Ekonomi), Rizki Maulana (Staf Fungsi Protokol dan Konsuler),” sebut Maulana Usia, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan via WhatsApp. Kamis, (3/11/2022).

Selain itu, lanjut Maulana, Bupati pun menyampaikan permohonan dukungan ke KBRI Spanyol di Madrid untuk membantu mempromosikan hasil UMKM, seperti cokelat sulamina, ikan roa, tuna, jambu mente, madu, kopi, dan sejumlah produk unggulan lainnya.

Sementara, Kepala KBRI Spanyol, DR. Ir. Muhammad Najib M.S.C dalam sambutannya mengatakan, Spanyol adalah negara dengan pengembangan UMKM terbaik di dunia. Ia mengundang pelaku usaha UMKM Madrid President Creative Spain, DR. Belen Elisa Diaz, untuk memberi informasi dan motivasi terkait perkembangan UMKM di Madrid.

Kepala KBRI Spanyol di Madrid menyebutkan, dalam melakukan riset tentang UMKM, harus dilakukan dari Desa sampai di Kota atau Pusat untuk memperkuat UMKM menjadi pioneer dari semua unsur kreatif dalam pengelolaan UMKM di Daerah.

“Dalam pengelolaan UMKM, tidak boleh mengambil keputusan sendiri, namun keputusan harus didengar dari pelaksanaan UMKM,” kata Maulana menerangkan apa yang disampaikan Kepala KBRI Spanyol.

Maulana bilang, setelah banyak berdiskusi, Presiden Creative Spain juga menyampaikan kepada Pemda Kepulauan Sula, bahwa dalam beberapa Minggu ke depan, mereka akan melakukan proyek terkait pameran dan ajang promosi hasil pengembangan UMKM Madrid.

“Jika MoU dengan disetujui oleh Pemerintah RI, maka ada kesempatan mereka untuk dapat memamerkan hasil daerah Kabupaten Kepulauan Sula pada proyek ekspo yang dimaksud,” ungkapnya.

Presiden Creative Spanyol juga akan membuka peluang kerja sama dengan semua UMKM yang ada di seluruh dunia dan membuka peluang sekolah atau kursus untuk negara-negara yang mendorong pengembangan UMKM. Untuk itu, pengembangan konsep UMKM dan

“Meeting ini sangat penting karena mereka dapat berkomunikasi kembali dengan komunitasnya untuk pengembangan UMKM menuju Sula bahagia,” pungkasnya. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL