spot_imgspot_img

Lewat Rakor, Pj Gubernur Malut Paparkan Siap Hadapi Pilkada Serentak 2024

TERNATE, AM.com – Pj Gubernur Maluku Utara, H. Syamsuddin Abdul Kadir menghadiri acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi mantap Praja Kie Raha (OMPK) yang dilaksanakan oleh Polda Malut yang berlangsung di Ballroom Royal Resto Kalumpang Ternate pada Selasa (23/07/24).

Dalam pemaparannya, Pj Gubernur menyampaikan persiapan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 fokus utamanya adalah menjaga netralitas ASN,TNI dan Polri dalam Pilkada serentak yang implementasinya mencakup pengamanan Pemilihan dengan sikap netral dan tidak memihak kepada kontestan manapun.

Di samping itu, Kata Mantan Pj Bupati Mortai itu bahwa, membangun sinergi dengan elemen pendukung keberhasilan Pilkada serentak yaitu KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu dan lembaga terkait, Pemerintah Pusat dan Daerah, aparat (TNI, POLRI, Satpol PP, Satlinmas), Parpol dan Paslon, Media/Pers serta masyarakat.

Untuk itu, langkah Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Kondusifitas Pilkada serentak yaitu dengan mendeteksi dini dan pemetaan potensi stabilitas yang mempengaruhi dinamika politik lokal, pemanfaatan media sosial, meningkatkan komunikasi dengan Tokoh masyarakat, adat dan tokoh agama, penguatan fungsi intelijen data/informasi yang akurat serta pendidikan sosial, politik, dan budaya kepada elemen masyarakat.

Menurutnya, ntuk mengoptimalkan kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak maka Pemerintah mengoptimalkan peran Forkompinda, mendorong sinergitas aparat dan stakeholder, mengoptimalkan peran forum kemitraan, serta mendorong peran tokoh agama tokoh masyarakat dalam menjaga kondusifitas.

Hal yang paling penting kata Gubernur, kolaborasi sinergi antar lembaga pemerintah, masyarakat dan insan pers untuk menciptakan Pilkada damai dan berintegritas di wilayah Maluku Utara, menciptakan ruang koordinasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pilkada berupa hoax, SARA, politisasi SARA, dan Cyber bullying, serta membangun literasi masyarakat dalam penggunaan media, bersama -sama membangun konten positif pada Pilkada 2024 agar berjalan damai, berintegritas dan demokratis.

Sebelumnya Kapolda Maluku Utara Irjen Polisi MIDI Siswoko, dalam sambutannya saat membuka Rakor menyampaikan bahwa Rakor Lintas Sektor ini dengan Tema “Sinergitas Pengamanan Pilkada Serentak 2024 Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Aman, Sejuk, Damai dan Kondusif di Provinsi Maluku Utara” Mengandung maksud sebagai perwujudan tekad dan komitmen Polda Malut untuk menjaga sitkamtibmas selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Maluku Utara.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL